Umroh sesuai Sunnah

Tata cara umroh sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW, menurut kamus besar bahasa Indonesia umrah adalah kunjungan (ziarah) ke tempat suci (sebagai bagian dari rukun haji, dilakukan setiba di Mekah) dengan cara berihram, tawaf, sai dan bercukur, tanpa wukuf dipadang Arafah, yang waktu menunaikannya dapat bersamaan dengan waktu haji. Umrah juga biasa disebut dengan haji kecil.

Perbedaan haji dengan umrah adalah umrah dapat dilakukan kapan saja tidak ada ketentuan waktunya, sedangkan haji ada ketentuan kapan waktu yang diperbolehkan untuk melaksanakannya. Umrah adalah salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan di dalam agama islam, namun pelaksanaan tidak sama seperti haji mengalami beberapa perbedaan secara teknis urutan ibadah umroh itu melaksanakan tawaf di Ka’bah dan sa’i antara Shofa dan Marwah secara tidak langsung banyak yang menyebutnya melaksanakan haji kecil.

Dari segi kegiatannya sebenarnya umrah dengan haji memiliki perbedaan dari segi pelaksanaan waktunya beserta tempat yang ditujukan yaitu umrah dapat dilaksanakan kapan saja tetapi untuk ibadah haji kegiatan ini banyak dapat dilakukan 8-12 Dzuhijah. Adapun beberapa syarat yang dianjurkan dalam pelaksanaan umroh antara lain beragama Islam, baligh (sudah menuju ke tahap dewasa).

Selain itu, syarat untuk menunaikan ibadah umroh sesuai sunnah 2019 adalah memiliki kemampuan daya baik dari segi materil maupun non-militer materi, serta adanya mahram khususnya bagi wanita. Itulah yang menjadi alasan bahwa ibadah ini haruslah dilaksanakan dengan tatanan cara serta harus memenuhi beberapa persyaratan karena umrah sesuai sunnah sudah seharusnya dilakukan dengan tepat khususnya bagi para jamaah.

Panduan Umroh sesuai Sunnah

Setiap umat muslim terutama yang ingin melaksanakan ibadah umrah tentunya harus mengetahui tata cara yang benar sesuai dengan ajaran umrah sesuai sunnah  jangan sampai ibadah Anda menjadi tidak sah,  karena sekarang ini umrah dijadikan salah satu alternatif terbaik serta banyak dipilih karena ibadah haji kali ini menggunakan sistem kloter sehingga harus menunggu bertahun tahun lamanya

Selain itu kita dapat melaksanakan ibadah umrah dengan sesuai dan secara teratur sesuai urutan tata cara berumrah yang benar. Berikut ini merupakan tata cara urutan dari umroh sesuai Sunnah beserta doa-doanya / Rukun Umroh yang harus dipelajari sebelum berangkat umroh. Untuk lebih lengkapnya akan kami sampaikan semuanya di bawah ini untuk para calon jamaah umroh, antara lain:

Ihram

Yaitu dengan memakai pakaian ihram bagi para jamaah,  ihram ini merupakan baju yang dipergunakan ketika melaksanakan ibadah sesuai dengan Umrah sesuai sunnahnya selain itu hal yang harus diperhatikan ketika telah menggunakan pakaian ini bagi para jamaah laki laki dilarang membawa bahkan menggunakan pakaian biasa,  jangan  menutup kaki dengan menggunakan alas kaki.

Selain itu, jangan pula menutupi kepala meskipun teriknya matahari di kota begitu terang cerah namun beberapa hal tersebut pantang dilakukan sebagai salah satu cara untuk menyempurnakan ibadah umroh sesuai Sunnah. Setelah berpakaian ihram kemudian berniat ihram dan mengucapkan niatnya seperti biasa.

Tawaf

Tawaf adalah adalah salah satu kegiatan yang dilakukan setelah berirama dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulul/dalam keadaan suci,  jamaah sangat diperbolehkan untuk melewati berbagai pintu di Masjidil Haram sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan ketika mulai memasuki pintu di masjid haram yaitu membaca do’a. Dengan berjalan penuh kehati-hatian dan mengucapkan doa ini Insya Allah akan diberikan jalan kemudahan untuk menuju tawaf melalui berbagai macam pintu

Adapun beberapa pilihan yang diberikan ketika sudah sampai di tawaf yaitu takbir(mencium Hajar Aswad),  lalu mengusap Hajar Aswad, dan melambaikan tangan serta apapun yang digenggam tidak untuk diciumin melainkan mengucapkan kalimat Allahu Akbar (Allah Maha Besar)

Sai

Setelah melakukan tawaf, maka urutan untuk umroh sesuai Sunnah selanjutnya adalah dengan cara melakukan sai. Yaitu bolak balik antara Safa dan marwah sebanyak 7 kali asal mula sai yaitu berkaitan erat dengan cerita nabi Ibrahim yang sangat optimistis tidak mudah putus asa untuk mencari minum bagi Ismail yang dilakukan oleh nabi Ibrahim. Sedangkan yang terakhir adalah tahalul.

Bercukur rambut (Tahalul) ini merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan umroh berdasarkan Sunnah. Tahalul ini memiliki arti bercukur bagi jamaah laki laki di haruskan sebelah selesai melakukan beberapa tahapan untuk umrah yaitu bercukur hingga rambutnya habis/gundul. Pelaksanaan tahalul itu sendiri biasanya dilakukan di bukit Marwah, namun untuk wanita sangat cukuplah hanya memotong rambut 3 helai saja. Setelah tahalul dilaksanakan, itu artinya ibadah sudah lengkap.

Pantangan Umroh sesuai Sunnah

Setelah Niat diucapkan maka kita “resmi” dalam keadaan Ihram, sehingga berlakulah semua larangan-larangan ihram, yaitu:

  1. Tidak mencukur atau memotong bulu badan, jika hal ini dilakukan wajib untuk dibayar dengan fidiyah sebanyak 3 hari,  namun islam memang agama yang selalu mempermudah segalanya jika salah satu jamaah mw ngalamin gatal di salah satu anggota tubuhnya dan mengakibatkan bulu tercabut secara tidak sengaja tidak apa apa jika hla itu terjadi.
  2. Tidak diperbolehkan untuk mencukur atau memotong kuku, jika ada salah satu jamaah yang memotong kuku secara sengaja wajib hukumnya juga untuk membayar fidiyah dan tidak diperbolehkan memakai minyak wangi karena umrah sesuai sunnahnya tidak diperbolehkan menggunakan wangi wangian karena akan mengundang/menggerakan syahwat ke arah Jima sebaiknya jangan menggunakan apapun sesuai dengan aturan.
  3. Tidak diperbolehkan juga mempergunakan pakaian yang dijahit dengan kain dan menyesuaikan dengan bentuk tubuh dan tidak diperbolehkan pula untuk memburu hewan darat di tempat tersebut. Karena Mekah merupakan kota suci jadi sangatlah dihindarkan untuk memburu hewan (kambing, sapi, domba, unta). Selanjutnya beberapa hal yang harus dihindarkan ketika umroh adalah menikah/ melamar seseorang. Karena umrah harus fokus untuk beribadah. Tidak dicampur dengan kepentingan pribadi.

Keistimewaan Menjalankan Ibadah Umroh

Meski bukan merupakan ibadah haji kecil, namun umrah memiliki keistimewaan yang begitu mendalam di mata Allah. Alasannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Ibadah umrah bisa dijadikan sebagai jalan penghapus dosa bagi para kaum wanita yang lemah/ jihad. Allah Maha Mengetahui segala apa yang dilakukan umatNya terutama ketika melakukan ibadah salah satunya umrah terutama untuk jamaah yang melakukan ibadah secara khsusnya bagi wanita yang sedang mengalami masa kehamilan sangatlah mulia dan mendapatkan pahala berlipat untuknya.
  2. Jama’ah umrah adalah tamu Allah yang tentunya segala doa doa akan dikabulkan. Segala perjuangan lelah dalam perjalanan keikhlasan yang dibawa sebagai bekal dalam beribadah merupakan salah satu hal yang tentunya mengistimewakan para tamu Allah karenanya semua doa yang dipanjatkan akan terkabul.
  3. Jamaah yang wafat akan dicatat alam kebaikannya hingga akhir kiamat. Segala keistimewaan yang didapatkan salah satunya ketika jamaah wafat ketika beribadah umrah makan pahalanya akan dicatat hingga hari kiamat.
  4. Wafat saat menjalankan ibadah umroh pahalanya dicatat sampai hari kiamat. Keutamaan orang-orang yang wafat dalam perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh, serta keutamaan orang yang wafat dalam keadaan berihram (di tengah pelaksanaan ibadah haji dan umroh) adalah mendapatkan anugerah pahalanya dicatat sampai hari kiamat. Semuanya termaktub jelas dalam hadits.
  5. Ibadah umroh bisa menghilangkan kefakiran. Jangan pernah khwatir mengenai rezeki yang akan di peroleh kelak seusai melakukan umrah pastinya semua rezeki akan dilapangkan oleh Allah percaya bahwa Allah Maha pemberi segala rezekinya lewat jalan. Dan Fadillah pahala satu kali umroh dengan sholat 10.000 kali. Sholat di Masjidil Haram memiliki keistimewaan tersendiri yaitu bisa mendapatkan pahala 10.000 x lipat.

Begitu banyak keistimewaan yang bisa didapatkan dari ibadah umrah karena bisa dijadikan salah satu alternatif bagi para jamaah untuk bisa memperoleh segala keridhaan Allah begitu banyak keutamaan.  Dengan travel Nur Ramadhan semua perjalanan akan lebih berkesan serta begitu banyak fasilitas lengkap yang dapat dirasakan oleh para jemaah sudah pastinya membuat ibadah umrah menjadi lebih khusuk.

Komentar: