Paket Haji

Salah satu kegiatan wajib setiap muslim/muslimah adalah mendaftarkan paket haji 2019 bagi yang mampu dan memenuhi persyaratannya. Karena menunaikan ibadah haji termasuk rukum Islam. Maka dari itulah, penting sekali untuk setiap muslim melaksanakan kewajibannya tersebut. Yang lebih menariknya lagi adalah, ternyata setelah ditinjau lebih lanjut, jumlah jamaah haji yang masuk dalam kategori terbanyak kebanyakan dari penduduk muslim yang berasal dari Indonesia.

Dengan jumlah jamaah yang selalu banyak dan meningkat setiap tahun, hal ini membuat harganya juga semakin mahal. Selain itu, karena proses untuk melaksanakan ibadah haji itu harus melewati banyak proses dulu. Dimana kegiatan ini selalu berkaitan dengan hubungan antar negara. Sehingga, akan sulit melaksanakan ibadah haji jika tidak dikerjakan dengan orang yang tepat, seperti agen travel yang tersedia saat ini seperti Nur Ramadhan yang selalu siap sedia mengantar calon jamaah haji untuk berangkat ke Tanah Suci.

Namun tentu saja biaya haji 2019 dengan agen travel cukup mahal. Sehingga, jika tidak hati-hati dalam memilih agen yang tepat, Anda bisa tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena, dengan banyaknya orang yang ingin daftar haji, hal ini membuat banyak oknum mulai memanfaatkannya dengan menyelewengkan investasi dana haji. Maka dari itulah,penting untuk memperhatikan perusahaannya dulu jika Anda ingin investasi dana haji.

Pentingnya Investasi untuk Ibadah Haji

Investasi dana haji itu harus dilakukan oleh setiap umat muslim yang ingin pergi haji. Ini penting sekali, apalagi jika Anda ingin mendaftar paket haji plus 2019. Biaya haji saat ini tidak murah. Baik untuk yang reguler ataupun yang plus. Keduanya sama-sama mahalnya. Maka dari itulah, ada baiknya perhatikan baik-baik perusahaannya jika Anda ingin melakukan investasi dana haji.

Investasi dana haji saat ini sering diinvestasikan ke dalam berbagai produk perbankan dan juga surat berharga syariah. Investasi ini biasanya keamanannya lebih terjamin karena telah dibuat berdasarkan UU dan APBN. Dana ini nanti bisa digunakan untuk menambah kekurangan biaya haji yang belum bisa dilunasi oleh calon jamaah di masa yang akan datang.

Prinsip Syariah agar Investasi Paket Haji 2019 Halal

Beberapa orang kerap menanyakan tentang tingkat kehalalan dari investasi dana haji ketika ingin mendaftar paket haji 2019. Karena tak dapat dipungkiri bila salah satu cara paling mudah untuk bisa membayar biaya haji adalah dengan melakukan investasi. Yang menjadi pertanyaan adalah, seperti apakah investasi dana haji yang halal dan sesuai dengan prinsip syariah itu? Berikut ini adalah prinsip syariah yang halal untuk investasi dana haji, antara lain:

Prinsip Pertama

Prinsip ini dilakukan supaya investasi dana haji tidak dikelola dengan sembarangan dan asal. Jadi, setiap prinsip investasi yang halal itu harus menanamkan syariah didalamnya. Jika ada dana haji yang mulanya disimpan dan dimanfaatkan oleh bank konvensional, maka dana tersebut harus segera dipindah ke bank yang syariah. Setelah itu, simpan dana tersebut ke perbankan syariah, berupa deposito dan investasi sukuk.

Dari uang investasi sukuk inilah akan didapatkan hasil dari 8% sampai dengan 9%. Sementara untuk deposito rata-ratanya adalah 6.1%. Dana itu nanti akan digunakan untuk dana sumbangan kepada para jamaah haji yang tidak bisa melunasi pembayaran haji ketika hari keberangkatan berlangsung. Dana ini juga bisa digunakan untuk sumbangan living cost ketika beribadah haji, dan untuk pembangunan infrastruktur. Misalnya saja, seperti rel, sekolah, asrama haji, dll.

Prinsip Kedua

Prinsip investasi dana yang halal adalah dana yang diinvestasikan dengan aman. Jadi, dana investasinya harus secara khusus diinvestasikan guna memenuhi asuransi jiwa untuk calon jamaah haji supaya keselamatannya lebih terjamin. Dana ini nanti bisa dicairkan berupa santunan dengan sistem pembayaran yang lebih fleksibel. Dengan begitu, tidak akan ada yang dirugikan dalam investasi ini.

Prinsip Ketiga

Investasi dana yang halal untuk membayar paket haji 2019 adalah investasi yang tidak merugikan calon jamaah haji dalam mengelola dananya. Jadi, dana itu nanti harus benar-benar dimaksimalkan manfaatnya dan harus bisa digunakan oleh calon jamaah dengan baik. Bila ternyata hasil dana investasi merugikan calon jamaah, maka mereka bisa mengajukan perlindungan hukum berdasarkan UU.

Prinsip Ke-empat

Sangat penting untuk memperhatikan prinsip likuiditas. Yaitu, setiap pihak yang mengelola uang investasi harus bertanggung jawab untuk membayar hutang jangka panjang dan jangka pendek. Hal yang seperti ini harus benar-benar dilakukan tanpa mencari keuntungan ilegal dari calon jamaah haji. Agar baik perusahaan dan calon jamaah yang melakukan investasi tidak ada yang dirugikan.

Prinsip Kelima

Investasi dana haji yang halal untuk membayar paket haji 2019 adalah investasi yang sifatnya akuntabel. Sehingga, ada pertanggungjawaban berkaitan dengan sistem pelaksanaan investasinya. Dimana semuanya harus sesuai berdasarkan rencana yang sudah dibuat bersama dengan calon jamaah. Jadi, pihak perusahaan wajib melaksanakan kewenangan berdasarkan apa yang sudah diberikan atau dijanjikan dalam menyelesaikan tugas dan kewajibannya.

Kelima prinsip di atas bisa mempermudah Anda untuk mendaftarkan diri ke dalamĀ  paket haji 2019. Karena dengan memahami prinsip di atas, maka Anda tahu bahwa apa yang Anda lakukan sudah halal di mata Allah. Sehingga, Anda tidak perlu ragu lagi untuk melakukan investasi dana untuk berangkat haji. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus untuk melakukan investasi tanpa dipusingkan masalah halal dan tidaknya. Karena meskipun ada banyak investasi yang bisa dipilih, ternyata tidak semuanya halal untuk umat muslim.

Makna Investasi dan Nilai-Nilainya

Investasi itu pada dasarnya bukan hanya untuk bisnis saja dan mencari keuntungan. Namun, investasi juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kewajiban, seperti pergi haji. Dengan berinvestasi dengan tujuan pergi haji, maka Anda bisa mendapatkan nilai lebih didalamnya. Karena Anda bisa berinvestasi sambil mendapat berkah. Karena Anda bisa berinvestasi sambil memenuhi kewajiban dalam menjalankan rukun Islam.

Namun sebelum menentukan investasi, sebaiknya Anda harus berhati-hati. Karena bila melakukan kesalahan sedikit saja, Anda bisa mendapat masalah lain. Baik itu dari segi hukum negara dan agama. Pastikan Anda memilih perusahaan yang tepat jika ingin melakukan investasi dana ke mereka untuk pergi haji. Sehingga, dana haji tersebut dikelola dengan baik oleh orang yang bertanggung jawab. Supaya tidak terjadi hal-hal buruk, seperti penggelapan dana saat melakukan investasi dana.

Barulah setelah dana itu terkumpul, Anda bisa langsung menggunakan dana investasi tersebut untuk daftar paket haji 2019 bersama Nur Ramadhan. Dengan begitu, Anda bisa segera menjalankan rukun Islam dan menikmati jerih payah Anda selama menabung dan menginvestasikan dana yang cukup lama. Karena dengan agen travel Nur Ramadhan, Anda bisa mendapatkan fasilitas haji dan umroh yang lengkap. Dari segi paket yang ditawarkan juga lebih banyak. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dengan budget Anda.

Facebook Comments