Paket Haji dan Umroh Terpercaya

Tidak semua orang yang memilih paket umroh eksklusif pasti akan mabrur setelah pulang dari umroh. Alasannya ada banyak. Namun sebelum itu, tahukah Anda tentang apa yang dimaksud dengan mabrur itu? Karena kata mabrur merupakan salah satu kata yang kerap terdengar dalam menjalankan ibadah umroh dan haji. Dimana orang yang pergi haji dan umroh itu meskipun sah tapi belum tentu mabrur.

Jadi, semua jamaah ibadah haji dan umroh itu meskipun sudah sah menurut rukun dan syaratnya, ternyata hal ini tidak membuat mereka yang sudah menemukan agen paket haji dan umroh terpercaya selalu bisa menjadi jamaah mabrur. Padahal, semua umat muslim yang naik haji dan umroh tentu ingin mabrur. Sayangnya tidak semua orang bisa menjadi mabrur. Apalagi sah dan mabrur ternyata merupakan 2 hal yang tidak sama, meskipun saling berkaitan.

Sah sendiri merupakan menggugurkan kewajiban. Yaitu mentaati persyaratan dan rukun ibadah haji dan umroh. Sementara untuk mabrur artinya adalah ibadahnya diterima oleh Allah. Umat muslim yang naik haji dan umroh dan sudah melaksanakan kewajibannya, maka kewajiban hajinya sudah gugur dan ini disebut umroh. Namun, belum tentu dengan gugurnya kewajibannya tersebut membuatnya diterima oleh Allah.

Jika umat muslim yang pergi haji dan umroh tidak melaksanakan semua kewajibannya, maka ibadahnya dianggap tidak sah. Sehingga, jika ibadahnya tidak sah, maka ibadahnya tersebut dianggap tidak mabrur. Karena untuk bisa menjadi haji mabrur, maka ibadahnya harus sah dulu. Barulah nanti paket haji plus 2019 yang Anda pilih dianggap mabrur oleh Allah. Itu bila sudah sah.

Definisi Mabrur

Ada banyak sumber yang menjelaskan tentang definisi dari mabrur. Secara bahasa, sebenarnya mabrur itu berarti kebaikan. Ada juga yang menyebutkan bahwa mabrur itu adalah taat dan berbakti. Sedangkan, dalam kamus Al Munawwir, mengatakan bahwa mabrur itu berarti saleh, taat, dan kebaikan. Sementara dalam kitab lisan Al Arab, mabrur itu berarti baik, bersih, dan suci. Ada juga yang mengartikan sebagai diterima/ maqbul. Dari definisi tersebut, maka disimpulkan bahwa maknsa mabrur adalah sebagai berikut ini!

Berdasarkan Jabir ra, sabda Rasulullah SAW bersabda bahawa haji mabrur itu tidak ada balasan lainnya, kecuali surga. Bentuk bakti haji adalah memberi makan dan berbicara dengan bahasa yang baik. Hal ini tertulis dalam HR Ahmad, Ibnu Khuzaimah, ath Thabrani, Al Hakim, dan Al Baihaqi. Itu artinya, tanda kemabruran itu adalah disaat Anda memberi makan kepada orang yang sedang kelaparan dan harus berkata yang santun.

Berdasarkan Al Hasan al Bashri menyatakan bahwa haji mabrur merupakan pulangnya jamaah dengan kondisi zuhud pada dunia dan lebih mencintai akhirat. Tandanya adalah dengan meninggalkan semua perbuatan buruk yang pernah dilakukan sebelum pergi haji. Sementara berdasarkan Ibnu Hajar al Haitami menyatakan bahwa tanda diterimanya haji adalah saat Anda meninggalkan hal-hal yang maksiat setelah pulang dari haji dan umroh bersama agen paket haji dan umroh terpercaya.

Yaitu, dengan mengganti teman-teman yang membawa dampak buruk pada kehidupan Anda, diganti menjadi berteman dengan teman-teman yang baik. Kemudian, mulai mengganti majlis kelalaian menjadi kesadaran dan majlis dzikir. Selanjutnya, berdasarkan Syarah Bukhari Muslim yang ada dalam kitab Fathul Baarii mengatakan bahwa haji mabrur itu haji maqbul. Yaitu, haji yang diterima Allah SWT.

Sedangkan berdasarkan Imam Nawawi menyatakan haji mabrur itu haji yang tidak dikotori dosa. Sehingga, hajinya diterima Allah SWT. Jadi, tidak ada sum’ah, tidak ada riaya, tidak ada fusuq, dan juga tidak ada rafats. Kemudian, Abu Bakar Jabir al Jazaari mengatakan tentang haji mabrur juga dalam kitab Minhajul Muslimin yang berarti haji yang bersih dari semua dosa. Jadi, haji mabrur itu adalah haji yang dipenuhi oleh kebajikan dan amal sholeh.

Yang pasti, yang bisa menilai mabrur atau tidaknya ibadah Anda itu hanya Allah saja. Karena para ulama hanya bisa menjelaskan tanda-tanda dan bagaimana cara mendapat haji dan umroh yang mabrur berdasarkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Maka dari itulah, selain harus memilih agen paket haji dan umroh terpercaya, setiap umat muslim bisa berharap ibadahnya diterima dengan cara terus berdo’a kepada Allah.

Tips Menjaga Haji dan Umroh Tetap Mabrur

Meskipun Anda sudah memilih agen paket haji dan umroh terpercaya, namun ternyata hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa haji dan umroh Anda bisa mabrur. Bahkan, untuk mereka yang sudah memilih paket plus, ternyata tidak semua orang bisa mabrur. Maka dari itulah, untuk menjaga haji dan umroh Anda tetap mabrur setelah pulang dari sana, sebaiknya perhatikan tips berikut ini!

Makna Thawaf

Ada baiknya selain menentukan agen paket haji dan umroh terpercaya, Anda harus memahami makna thawaf terlebih dahulu agar haji dan umroh Anda menjadi mabrur. Makna thawaf itu sendiri merupakan menjaga hati agar senantiasa bersama Allah. Maka dari itulah, latihlah diri Anda untuk selalu mengingat Allah setiap saat. Karena makhluk itu layaknya boneka. Makhluk tidak dapat berbuat mudharat dan manfaat tanpa izin Allah.

Makna Sai

Jangan lupa untuk selalu menjaga diri agar tidak sampai keluar dari batasan Allah tanpa alasan. Perhatikan Siti Hajar. Meskipun sedang kehausan di padang pasir panas, namun beliau selalu mengingat pesan Nabi Ibrahim agar tidak keluar komplek masjidil haram. Dari sinilah bisa diambil pelajaran bahwa untuk masalah rezeki, sebaiknya jangan sampai mencari uang hingga keluar dari batasannya hanya untuk mendapat banyak uang. Misalnya saja dengan mencari rezeki tidak halal.

Makna Ziarah ke Madinah

Untuk yang satu ini mengingatkan Anda akan tugas dan tanggung jawab sebagai penerus Rasulullah untuk menyebarkan agama Islam dan mengamalkannya. Setidaknya cobalah untuk meluangkan waktu membantu memakmurkan masjid disaat sibuk. Karena hal inilah yang nantinya akan membuat haji dan umroh Anda tetap terjaga dan mabrur meskipun sudah pulang dari haji dan umroh. Karena, percuma saja bila Anda tidak mengamalkan hal baik setelah haji umroh. Hal tersebut akan membuat Anda tidak mabrur.

Setelah memahami apa itu mabrur dan bagaimana cara menjaga haji dan umroh tetap mabrur, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah harus bisa memilih biro perjalanan haji plus terbaik. Sehingga, Anda bisa mendapatkan paket perjalanan haji dan umroh yang terbaik. Maka dari itulah, untuk Anda yang ingin menikmati perjalanan umroh yang aman dan nyaman, silahkan hubungi kami.

Kami adalah Nur Ramadhan, sebagai agen travel haji terbaik. Karena kami telah memiliki surat izin resmi dari Kementerian Agama. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai macam paket umroh Jogja yang lengkap bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Sehingga, ibadah haji dan umroh semakin nyaman. Karena Anda bisa memilih paket umroh plus dengan wisatanya atau memilih umroh dan haji reguler.

Komentar: