Cara Daftar Haji Plus Agar Cepat Berangkat 2021/2022

Haji plus merupakan jenis layanan yang diberikan kepada masyarakat untuk menunaikan ibadah haji. Daripada haji reguler, haji plus punya banyak kelebihan dan biayanya lebih mahal. Sebagai persiapan untuk keberangkatan tahun depan, Anda perlu tahu informasi terkait haji plus. Terutama rincian biaya dan cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2022.

Sebagai umat islam, tentunya kita mengidamkan keberangkatan haji ke kota Mekkah untuk menyempurnakan agama. Ibadah haji adalah rukum islam kelima yang hukumnya wajib bagi muslim yang mampu secara finansial.

Haji didefinisikan sebagai kunjungan atau aktivitas mengunjungi Baitullah pada hari-hari idul dengan sengaja untuk melaksanakan ibadah dengan cara-cara tertentu. Bagi seorang muslim yang sudah sejahtera secara ekonomi, ibadah ini hukumnya adalah wajib.

Lantas bagaimana dengan muslim yang belum sejahtera ekonominya? Sungguh Allah maha adil dan maha penyanyang kepada seluruh hambanya. Ibadah haji memiliki keistimewaan, karena penuh dengan toleransi.

Allah tidak mewajibkan haji kepada mereka yang belum mampu secara finansial. Tetapi, wajib bagi mereka yang sudah mampu ekonominya. Secara tak langsung, Allah meminta kepada hambanya untuk bekerja keras mengumpulkan uang dengan cara-cara yang halal, dan niat untuk menyempurnakan agama.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya muslim, Indonesia konsisten sebagai negara penyumbang jamaah haji setiap tahunnya. Setidaknya, hal ini bertahan sebelum adanya pandemi covid-19 yang berdampak kepada seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Untuk memfasilitasi masyarakat yang akan berhaji, pemerintah mengizinkan keberadaan lembaga atau organisasi travel haji dan umroh yang menyediakan jasa untuk mengurusi keberangkatan jamaah.

Travel haji dan umroh ini banyak macamnya. Bisa kita temukan dimana saja, bahkan sudah banyak yang menawarkan jasanya secara online. Yang menjadi perhatian, adalah jenis layanan yang mereka sediakan.

Ada dua layanan untuk haji dan umroh, pertama haji reguler dan juga haji plus. Dalam kesempatan ini, kita akan mengulik seputar haji plus secara lengkap. Simak informasinya ya!

Pengertian dan Tata Cara Daftar Haji Plus Agar Cepat Berangkat 2021/2022

Ada yang sudah tahu apa itu haji plus? Khusus untuk muslim dan muslimah yang berniat berangkat haji tahun depan, informasi ini penting untuk Anda ketahui. Haji membutuhkan biaya yang sangat besar. Terkadang, ada agen travel haji dan umroh yang melakukan upaya penipuan kepada calon jamaah.

Supaya terhindar dari resiko mengerikan tersebut, kita harus benar-benar khatam dengan informasi haji dan juga agen travel yang bertanggung jawab dalam keberangkatan nantinya.

Ada dua jenis layanan haji dan umroh yang ada di Indonesia. Pertama, haji reguler dan juga haji plus. Sebelum kita jauh membahas tentang tata cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021, kita perlu kenal dahulu informasi-informasi basicnya. Mulai dari pengertian masing-masing layanan haji, perbedaannya, akumulasi biaya dan hal-hal penting lainnya.

Perbedaan Haji Reguler dan Haji Plus

Tahukah Anda hal apa yang membedakan haji reguler dengan haji plus? Haji reguler adalah layanan keberangkatan haji yang dikelola dan disediakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama. Hal yang paling identik dengan haji reguler adalah masa tunggunya yang mencapai 20 tahun.

Masa tunggu yang begitu panjang karena jumlah antrian jamaah yang terus saja bertambah setiap harinya. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat muslim di Indonesia untuk menunaikan ibadah haji.

Tak sama dengan haji reguler dimana pemerintah yang menjadi pengelolanya, haji plus adalah layanan haji milik pihak swasta. Dengan kata lain, ini merupakan layanan milik agen travel haji dan umroh yang tidak terikat dengan pemerintah, namun atas izin dari pemerintah melalui Kementrian Agama.

Daripada haji reguler, masyarakat muslim umumnya lebih senang dengan haji plus, sekalipun biayanya jauh lebih mahal. Haji plus selalu diminati karena masa tunggunya yang jauh lebih singkat daripada haji reguler.

Masa tunggu bagi jamaah haji plus sekitar 5 sampai dengan 7 tahun saja. Wajar saja bila biayanya jauh lebih mahal daripada haji reguler. Layanan ini cocok untuk Anda yang punya keinginan menunaikan ibadah haji yang lebih cepat, dan juga punya kemampuan finansial yang baik.

Selain masa tunggu yang lebih singkat, fasilitas haji plus juga berbeda daripada haji reguler. Ketika kita mengeluarkan biaya yang begitu besar, tentunya kita berhak bertanya tentang fasilitasnya bukan? Berikut adalah fasilitas haji plus yang bisa Anda nikmati selama keberangkatan.

Fasilitas Jamaah Haji Plus

Memang sudah seharusnya, harga berbanding lurus dengan kualitas. Begitu pula dengan paket haji dan umroh. Sebelum daftar haji plus, Anda harus memperhatikan fasilitas yang disediakan oleh pihak travel. Dari sana Anda bisa mengukur apakah biayanya sebanding dengan kualitas pelayanan atau tidak.

Berikut adalah fasilitas haji plus yang tersedia pada agen travel haji dan umroh Nur Ramadhan.

1.      Masa Tunggu Dua Kali Lebih Cepat dari Haji Reguler

Masa tunggu haji reguler memakan waktu 15 sampai 20 tahun. Hal ini seringnya membuat calon jamaah khawatir akan kesehatan dan juga usia mereka. Sebagai hamba Allah, kita tidak pernah tahu apa yang menanti kedepannya.

Soal rezeki, jodoh dan kematian merupakan rahasia Allah SWT, dan sesuatu yang pasti bagi kita umat manusia. Dengan masa tunggu selama itu, tidak ada jaminan kesehatan ataupun usia yang cukup bagi calon jamaah.

Memikirkan kekhawatiran tersebut, program atau layanan haji plus muncul sebagai solusinya. Salah satu keunggulan layanan haji plus adalah masa tunggu yang lebih singkat, sekitar 5 sampai 7 tahun saja.

Cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2020 tidak jauh berbeda dengan cara daftar haji reguler. Perbedaan yang paling terlihat adalah akumulasi dana yang perlu Anda persiapkan. Kalau memang punya uang yang cukup, dana bukan jadi soal yang serius tentunya.

2.      Bimbingan Manasik Haji

Manasik haji merupakan kegiatan pembelajaran kepada calon jamaah terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji. Dengan kata lain, manasik haji adalah gladi resik sebelum keberangkatan.

Untuk calon jamaah haji reguler, manasik haji biasanya dilaksanakan di asrama haji wilayah setempat. Sebelum keberangkatan, semua jamaah dari provinsi yang sama akan berkumpul menjadi satu di asrama khusus.

Nantinya, para jamaah akan mendapatkan bekal-bekal ilmu seputar kegiatan haji. Hal yang sama juga berlaku untuk jamaah haji plus. Perbedaannya, adalah lokasi pelaksanaan manasik haji.

Karena tidak terikat oleh pemerintah, jamaah haji plus tidak mendapatkan akses terhadap asrama haji. Pelaksanaan manasik haji biasanya dilakukan di hotel tertentu sesuai kebijakan dari pihak travel.

3.      Penerbangan dan Penginapan

Ketika Anda membayar biaya daftar haji plus melalui Nur Ramadhan, maka sudah include dengan penerbangan dan juga penginapan selama pelaksanaan haji berlangsung. Bagaimana dengan haji reguler? Tentu berlaku hal yang serupa.

Hanya saja, jenis penerbangan dan hotelnya yang berbeda. Pemerintah menyediakan penerbangan bagi jamaah haji reguler dengan transit ke kota Madinah atau Jeddah terlebih dahulu. Karena harus transit, waktu penerbangan akan lebih lama.

Bagi jamaah haji plus, agen travel haji dan umroh Nur Ramadhan menyediakan penerbangan tanpa transit sehingga durasinya sedikit lebih singkat. Lantas bagaimana dengan penginapan? Khusus untuk jamaah haji plus, penginapan yang disediakan merupakan hotel berbintang yang jaraknya sangat dekat dengan pusat kegiatan, masjid Nabawi atau Masjidil Haram.

Itulah perbedaan antara haji reguler dan haji plus dari fasilitas. Selanjutnya, mari kita cari tahu berapa anggaran biaya haji plus serta tata cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2022.

Cara Daftar Haji Plus 2021/2022

Cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2022, apakah berbeda dengn mekanisme pendaftaran haji reguler biasanya? Rupanya, tidak ada perbedaan yang mencolok antara daftar haji plus dan haji reguler, karena memang masih dalam pengawasan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perbedaan ada pada lamanya masa tunggu, fasilitas, serta layanan untuk para jamaah haji. Untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji, Anda perlu mempersiapkan berkas-berkas persyaratan terlebih dahulu.

Berkas yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut. Formulir pendaftaran haji dari agen travel masing-masing. Fotokopi kartu keluarga, surat nikah serta KTP yang masih berlaku. Sediakan empat lembar untuk masing-masingnya.

Setelah itu, Anda juga perlu passport. Bagi yang belum memilikinya, bisa meminta bantuan dari agen travel haji dan umroh, biasanya mereka juga menyediakan bantuan kepada jamaah untuk pembuatan passport.

Selain passport, Anda membutuhkan pas foto terbaru dengan ukuran 3×4 cm sebanyak 35 lembar, dan ukuran 4×6 cm sebanyak 10 lembar. Ketentuan pas foto bisa Anda tanyakan kepada pihak agen travel.

Setelah semua berkas persyaratan lengkap, Anda bisa menyerahkannya kepada agen travel sembari membawa uang muka. Nominal uang muka mungkin saja berbeda-beda. Umumnya sebanyak US$5.000 sesuai kurs rupiah yang berlaku. Ketika berkas dan uang muka sudah sampai ke agen travel, Anda akan mendapatkan nomor porsi haji.

Selesai dengan berkas persyaratan haji plus, selanjutnya kita akan cari tahu bagaimana cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2022. Simak panduannya ya!

1.      Buka Tabungan Haji

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftar haji plus maupun reguler adalah membuka tabungan haji. Tabungan ini berfungsi sebagai wadah penyaluran dana dari jamaah untuk keberangkatan nantinya.

Tidak semua bank bisa Anda pakai. Hanya bank-bank tertentu saja yang memang sudah menjalin kerjasama dengan pemerintah terkait tabungan jamaah haji. Diantaranya adalah bank BNI, bank BRI, Mandiri, BTN, CIMB, Bank Mega Syariah dan beberapa nama bank lainnya.

Prosedur pembuatan tabungan haji tidak jauh berbeda dengan prosedur buka tabungan seperti biasa. Anda hanya perlu membawa identitas diri berupa KTP, dan sejumlah uang tunai sebagai biaya pendaftaran keberangkatan haji plus. Berapa nominal biaya haji plus?

Masing-masing travel memiliki ketentuan yang berbeda terkait total biaya keberangkatan. Untuk haji reguler, biasanya setoran awal sejumlah Rp. 25 juta.

2.      Tanda Tangan Surat Pernyataan

Selesai dengan rekening tabungan, selanjutnya Anda akan menandatangani surat pernyataan persyaratan haji. Untuk jamaah haji reguler, surat pernyataan diterbitkan oleh Kementrian Agama. Untuk haji plus, surat pernyataan mungkin saja sedikit berbeda, karena tergantung kepada kebijakan agen travel.

3.      Menyetorkan Uang ke Pihak Travel

Cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2022 selanjutnya adalah menyetorkan uang ke pihak travel. Karena Anda tidak bernaung langsung kepada Kementerian Agama, penyetoran awal tidak langsung ke rekening Kementrian Agama.

Melainkan ke nomor rekening agen atau biro travel yang bertanggung jawab mengurusi keberangkatan Anda nantinya. Setelah agen travel menerima sejumlah uang dari jamaah, ia akan menyetor dana tersebut kepada Kementrian Agama guna mendapatkan nomor porsi atau nomor antrian.

4.      Terima Bukti Setoran Awal

Apabila dana berhasil disetorkan kepada Kementrian Agama, Anda akan mendapatkan selembar kertas yang berisikan bukti setoran awal. Pihak travel akan mengurus persoalan nomr validasi yang sudah diterbitkan Kementrian Agama. Tugas Anda selanjutnya adalah mengingat nomor ini baik-baik.

5.      Penyerahan Berkas

Setelah semua prosedur tadi selesai Anda lakukan, selanjutnya mari kunjungi agen travel sembari membawa berkas-berkas persyaratan sesuai ketentuan. Dengan hal ini, maka proses pendaftaran haji plus Anda sudah selesai.

Selanjutnya, silahkan lakukan pelunasan biaya keberangkatan yang nominalnya sesuai dengan kesepakatan Anda dan pihak travel. Masa pelunasan biasanya tergantung dari kebijakan pihak travel. Berkisar antara 4 sampai dengan 6 bulan.

Demikianlah tata cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2022. Selesai dengan pengertian, dan panduan pendaftaran, masih ada satu poin krusial yang tak boleh terlewat. Yakni bagaimana cara menemukan agen travel haji plus yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Jujur saja, persoalan memilih agen travel haji plus telah menjadi kekhawatiran terbesar bagi jamaah. Karena memang ada banyak catatan yang menuliskan kasus penipuan dari agen travel haji dan umroh.

Supaya kita semua terhindar dari bahaya dan ancaman tersebut, mengetahui ciri ataupun tips untuk memilih agen travel adalah hal yang krusial. Berikut, kami sajikan informasinya supaya menjadi informasi dan wawasan bagi kita semua.

Tips Memilih Agen Travel Haji dan Umroh Terpercaya

Tahukah Anda bagaimana ciri agen travel haji dan umroh yang bisa kita percaya? Tingginya minat masyarakat muslim untuk melangsungkan ibadah haji, telah mendorong tingginya angka keberadaan agen travel haji dan umroh.

Kondisi ini pastinya menjadi sesuatu yang menggembirakan. Jalan terbuka lebar untuk menunaikan ibadah haji. Sayangnya, keberadaan agen travel terkadang menimbulkan masalah lain, yakni kasus penipuan dengan menggelapkan dana jamaah haji.

Siapapun dari kita tentunya tak mau menjadi salah satu korban kejahatan agen travel haji bodong. Untuk itu, informasi berikut kami sajikan khusus untuk Anda semua. Catat baik-baik poinnya, ya!

Pertama, Anda harus memastikan bahwa agen travel sudah memiliki izin resmi dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Darimana kita bisa mendapatkan informasi terkait daftar agen travel dengan izin resmi? Salah satunya dari website resmi Kementrian Agama.

Setelah memastikan travel punya izin resmi, silahkan lakukan riset untuk menemukan ulasan dan juga komentar dari jamaah sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan Anda sekali lagi terhadap agen travel.

Hal ketiga yang perlu Anda lakukan adalah menanyakan jadwal keberangkatan. Haji plus tidak membutuhkan masa antri selama haji reguler. Dan agen travel yang bertanggung jawab sudah memiliki kouta VISA lengkap dengan tanggal keberangkatan yang pasti.

Ketika pertanyaan ini Anda lontarkan, dan pihak travel memiliki jawaban yang meragukan, lebih baik Anda berpikir sekali lagi dan mulai mencari alternatif lainnya. Demikianlah tips memilih agen travel haji plus yang perlu Anda tahu.

Penutup

Ketika kita sudah membulatkan niat untuk mengurus dan mempersiapkan keberangkatan haji, insyaAllah akan selalu datang bantuan dari Allah SWT. Cobaan dan rintangan mungkin saja terjadi, hal tersebut bukan berarti menyurutkan semangat dan keinginan kita untuk menunaikan ibadah ke Baitullah.

Demikianlah sajian informasi terkait tata cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2022. Kepada umat muslim yang kini tengah berjuang untuk menyempurnakan rukun Islam, semoga Allah melimpahkan rezeki kepada kalian, dan semoga kita semua berumur panjang dan memiliki kesempatan berhaji.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Paket Haji Plus Jogja Jateng 202...
Haji plus Jogja Jateng 2021 / 2022 semakin banyak menarik mina...
Cara Daftar Haji Plus Agar Cepat...
Haji plus merupakan jenis layanan yang diberikan kepada masyar...
Memahami 3 Biaya Haji Reguler Te...
Baru-baru ini dikabarkan bahwa biaya haji reguler mulai mening...
Mau Paket Umroh Jawa Tengah Jate...
Penting sekali bagi setiap calon jamaah umroh yang akan mendaf...
7 Fakta Unik Umroh dan Cara Daft...
  Banyak orang ternyata masih belum paham tentang bagaima...
Paket Umroh Surabaya PlusTurki
Sudahkah menentukan Paket Umroh Semarang, Jogja dan Surabaya P...

Download App Nur Ramadhan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Donec eget odio eros. Mauris volutpat tellus mi, ac finibus erat venenatis porta.